All for Joomla All for Webmasters
Kenali Ternak yang Hendak Dijadikan Kurban...!
PANGKEP, DISKOMINFO - Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Aceng Rosadas, meminta masyarakat untuk berhati-hati bila hendak membeli hewan kurban. Apalagi tanpa mengetahui apakah hewan dimaksud hewan lokal atau dari kabupaten endemis antraks.
 
Terkait hal ini Ia mengaku akan mengeluarkan surat edaran sebelum nantinya turun ke lapangan melakukan pemeriksaan. Namun, Ia mengimbau masyarakat, jika ternak yang hendak dibeli adalah ternak dari daerah endemis, setidaknya ada surat keterangan sehat dari kabupaten asal ternak tersebut.
 
"Minimal kalau hendak membeli hewan atau lokasi pemotongan, tanya dulu asal usul ternak, darimana, apakah lokal ataukah dari luar kabupaten, kalau dari luar kabupaten harus dilihat surat KIR-nya. Daerah endemis antara lain Maros, Takalar, Bone, dan baru-baru ini Pinrang," ujar Aceng.
 
Dikatakan Aceng, di Pangkep kasus antraks pun pernah terjadi tahun 2010 lalu, namun setelah 7 tahun berlalu kasus antraks di Pangkep tidak pernah terjadi lagi.
 
"Rata-rata kasus kematian ternak setelah dikonfirmasi ke lab karena penyakit SP, BEF, dan Veper, tidak berbahaya. wmwalaupun sakit dan kondisinya tidak bisa sembuh bisa direkomendasikan untuk pemeriksaan intensif," ungkap Aceng. (Mujib/cua)
 
 
Read 77 times
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  diskominfo@pangkepkab.go.id

               diskominfopangkep@gmail.com

 

 

 

Galery