All for Joomla All for Webmasters
Balitbangda Latih Warga Buat Kue dari Ikan 

PANGKEP, DISKOMINFO - Badan penelitian dan pengembangan daerah (Balitbangda) Pangkep bekerjasama dengan LP2M Unhas, melakukan pelatihan pembuatan tepung sari ikan, serta pembuatan kue berbahan baku ikan bandeng. sasarannya kepada para ibu-ibu nelayan yang ada di pesisir dan kepulauan. 

Pelatihan itu, dilakukan akhir pekan lalu di kantor Camat Pangkajene. menurut Kepala Balitbangda, Risnawaty Sakkirang, SE, MSi di Pangkajene, Senin (13/8) menjelaskan tentang fokus perhatian pelatihan ini kepada ibu rumah tangga miskin, utamanya di wilayah kepulauan.

Ia mengatakan, pelatihan tersebut diharapkan mampu memberikan keterampilan kepada para ibu-ibu rumah tangga agar dapat menjadi terampil dan malah dapat membuat penganan atau kue untuk dapat dijual sebagai bahan untuk membantu ekonomi keluarga. 

Peserta pelatihan itu terdiri dari 10 orang dari kecamatan Liukang Tupabiring, 10 orang dari Liukang Tupabiring Utara, dari kelurahan Jagong dan Kelurahan Tekolabbua. Ketua Tim LP2M Unhas, Prof. DR. Rabina, agar kegiatan ini dapat terus dilakukan kepada wilayah lainnya. Hal tersebut karena hasilnya dapat memberikan pengetahuan kepada para ibu-ibu agar terampil bahkan bisa mandiri. 

"bagus juga ini pak, karena selama ini ikan bandeng hanya untuk dimakan, tidaka dijadikan kue," kata Ny. Maemunah dari kepulauan. Ia mengatakan, ikan bandeng yang menjadi potensi utama Pangkep, selama ini hanya untuk dikonsumsi sebagai lauk. Ikan bandeng bagi warga biasanya hanya dikonsumsi setelah digoreng, dipanggang hingga dimasak dengan kuwah.

Dengan praktek pembuatan tepung sari berbahan baku ikan bandeng, selanjutnya dapat dijadikan berbagai jenis kue hingga kripik. (rud)

 

Read 39 times
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  diskominfo@pangkepkab.go.id

               diskominfopangkep@gmail.com

 

 

 

Galery