All for Joomla All for Webmasters
Ustadz Somad, Pukau Umat Islam Kabupaten Pangkep

Pangkep, Diskominfo -  Alhamdulillah, Ustadz Abd. Somad, Lc.,MA beri pencerahan kepada ribuan umat Islam daerah tiga dimensi Kabupaten Pangkep tentang pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak/remaja putra -  putri dengan menyekolahkan mereka di Pondok Pesantren.

Hal tersebut diungkapkan Ustadz Abd. Somad saat memberikan tausyiah/ceramah di hadapan ribuan Umat Islam Kabupaten Pangkep, Kamis (6/9/2018), sekira pukul 19.00 Wita  - 21.05 Wita, bertempat di Alun-alun Citramas Pangkajene.

Ribuan umat Islam Kabupaten Pangkep yang  memadati Alun-alun Citramas Pangkajene Kabupaten Pangkep terpukau, seakan terpaku mendengarkan tausyiah ustadz Somad di momen Tabligh Akbar memperingati Tahun Baru Islam 1440  H (Muharram).

Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad LC, MA mengangkat tema ‘Dengan Kearifan Lokal Dalam Bingkai Syariah Islam Kita Menyongsong Tahun Baru Islam 1440 Hijriah Menuju Pangkep yang Lebih Berkarakter  dan Religius’. Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati bersama Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangkep Hj. Rismayani Syamsuddin bersama sejumlah pengurus, Ketua DPRD Pangkep Andi Ilham Zainuddin bersama sejumlah anggota DPRD Pangkep, sejumlah pimpinan OPD, pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Pangkep. Semua ASN jajaran Pemda Pangkep hadir karena sebelumnya telah diabsen.

Kepiawaian Somad mengemas materi ceramah dengan berbagai rujukan yang disampaikannya dengan fasih dan diselingi humor tersebut, mengingatkan kita  kepada 'Da'i Sejuta Umat' almarhum KH Zainuddin MZ. Hal ini juga terkait dengan penampilan Somad yang sederhana seperti KH. Zainuddin. MZ,. Dia cuma mengenakan kemeja Koko, kopiah dan bercelana panjang, bukan berpenampilan ala wali atau mengenakan jubah ala para habib. 

"Ceramah-ceramah ustadz Somad kalau disimak cukup padat ilmu dan humor-humor segarnya. Ia tegas tapi fleksibel, militan tapi juga kultural. Tak berlebihan kalau disebutnya  sang Phenomenon," kata sejumlah jamaah tausyiah. 

Bila KH Zainuddin MZ hafal membacakan teks Arab dakwahnya, ia melanjutkan, Somad biasa menyebutkan nama kitab, pengarang, teks kalimat dan konteks kitab yang dikutipnya itu. Dan dalam penyebutan itu, Somad hampir tidak pernah ada jeda berpikir dulu. Daya ingatnya luar biasa, informasi sumber kitab langsung mengalir dari ingatannya.

"Somad mengakui Gaya orasi ini ada wasilah tetesan gen dari kakeknya, Datuk Zakaria. Di kampung mesjid, hingga akhir hayatnya, sang kakek konsisten menjadi khatib Jum'at di sela tugas keseharian sebagai petugas pencatat pernikahan."

Kepada jamaah tausyiah, Ustadz Somad mengajak segenap umat Islam Kabupaten Pangkep segera bertaubat, yang diawali dengan mandi taubat, lalu shalat taubat dua rakaat. Dan perbanyaklah berdzikir serta beristiqfar sembari menghitung hari menyongsong tahun baru Islam 1440 H (Muharram)

Humor dan candaan selalu diselipkan ustad kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977 itu. Tak heran bila para jamaahnya tahan hingga lebih dari Sembilan puluh menit menyimak tausyiahnya.

Pelaksanaan tausyiah ustadz Somad berlangsung tertib, aman dan sukses berkat kerja keras panitia dengan mendapat dukungan penuh dari petugas pengamanan Polres, personil Kodim 1421 Pangkep serta Sat Pol PP.   (bisman/taq/mcp)

 

Read 35 times
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  diskominfo@pangkepkab.go.id

               diskominfopangkep@gmail.com

 

 

 

Galery