All for Joomla All for Webmasters
Optimalkan Sistem Tanam Bibit Padi Kadis Pertanian Andi Sadda: Uji Coba Tanam Padi Sistem mesin

PANGKEP, Diskominfo - Plt Kadis Pertanian Kabupaten Pangkep Andi Sadda, saat dihubungi beberapa waktu lalu seusai melakukan uji coba sistem tanam bibit padi dengan pakai mesin ( transplanter)  di Desa Bara Batu Kecamatan Labakkang mengatakan bahwa saat ini sebahagian besar penanam padi yang dilakukan oleh petani kita di Pangkep masih menggunakan cara tanam pindah, yang tentunya menggunakan tenaga kerja yang relatif banyak  dan menelang biaya tanam cukup besar.

Menurutnya bahwa sekarang ada alternatif yang dapat mengatasi atau mengurangi penggunaan tenaga kerja tanam padi, dengan mengoptimlakan sistem tanam bibit padi secara mekanik.

“Dengan menggunakan mesin ini tentunya meningkatkan efesiensi tenaga kerja dengan metode penanaman bibit padi secara langsung tanam di sawah” ujarnya.

Andi Sadda mengatakan bahwa tanam padi tentunya membutuhkan tenaga kerja dan sebahagian besar tenaga kerja pertanian saat ini sudah memasuki usia non produktif sedangkan minat generasi  muda terjum kelahan pertanian semakin rendah apalagi dengan sistem pertanian tradisional.

Keadaan ini telah menimbulkan keprihatinan mendalam bagi pemerintah dalan mencapai ketahanan pangan yang handal dikatakannya bahwa Sebagai akibat dari kelangkaan tenaga kerja pertanian di pedesaan, dan alat mesin pertanian merupakan kebutuhan utama sektor pertanian.

Selain untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja manusia yang semakin langka, alat dan mesin pertanian berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja, meningkatkan efisiensi usahatani melalui penghematan tenaga, waktu dan biaya produksi serta menyelamatkan hasil dan meningkatkan mutu produk pertanian.

 Penggunaan alat dan mesin pertanian pada proses produksi dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, kualitas hasil, dan mengurangi beban kerja petani. Dengan semakin sedikitnya tenaga yang tersedia dalam bidang pertanian alat tanam mekanis sangatlah diperlukan. (Mcpangkajene)

Read 19 times
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  [email protected]

               [email protected]

 

 

 

Galery