All for Joomla All for Webmasters
Dhidil

Dhidil

Wednesday, 04 July 2018 00:00

Lorong Smart DiKampung KB Ujung Ruku

Pangkep, Diskominfo – Meski masuk dalam wilayah ibukota Kabupaten, Kampung Ujung Ruku, Kelurahan Anrong Appaka, Kecamatan Pangkajene masih kumuh. Hal ini menjadi perhatian agar kampung yang dihuni keluarga nelayan ini menjadi lebih baik. Tiga kepala bidang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbeda berkolaborasi berusaha membenahi kampung ini.

Kepala Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Dinas Pemukiman dan Tata Ruang, Akbar Yunus mengatakan prihatin dengan kondisi warga di kampung ini. Menurutnya, dengan kondisi wilayah yang jorok dan dihuni masyarakat miskin, maka dibutuhkan kolaborasi lintas OPD untuk membenahi kampung Ujung Ruku. “Saya fokus ke masalah lingkungannya. Disana itu ada sungai yang sudah dangkal, kotor, airnya hitam yang digunakan anak-anak kampung mandi. Ini memperihatinkan sekali apalagi masih masuk wilayah kota,” ucapnya, Selasa 3 Juli 2018. Untuk itu, ia meresmikan program lorong smart di kampung ini. “Kita benahi lingkungan disana berbasis partisipasi warga. Kita perbaiki lorong, sediakan material warga yang kerja. Dan yang terpenting sanitasinya kita benahi,” ujarnya. 

Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Amisah mencanangkan Kampung KB berwawasan lingkungan di kampung ini. “Kampung ini salah satu kampung KB di Pangkep. Kita akan jadikan percontohan dengan mendorong masyarakat memanfaatkan lingkungan sekitarnya,” jelas Amisah. Selain itu diberlakukan juga program bayar pajak dengan sampah oleh Kabid Pendapatan Dinas Pendapatan Daerah, Lukman Murtala. Peresmian program pembenahan kampung Ujung Ruku yang merupakan inovasi para kabid yang sedang mengikuti Diklatpim III ini ditandai dengan kerja bakti bersama TNI dan warga serta penyuluhan pentingnya menjaga lingkungan.

Sumber : Terkini/ mcpangkajene

PANGKEP, Diskominfo – Kepolisian Resort (Polres) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) memberikan perhatian serius terhadap penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD). Hasilnya, penyidik Satuan Reskrim (Satreskrim) menemukan indikasi kuat dugaan Penyalagunaan ADD di dua desa di wilayah kepulauan.

Dua desa itu, yakni Desa Sabaru, Kecamatan Liukang Kalukuang Masalima (Kalmas) yang terindikasi menyalahgunakan ADD mulai tahun 2014, 2015, hingga 2016. Sementara di Desa Mattiro Bone, Kecamatan Liukang Tupabbiring terindikasi pada adanya pekerjaan fisik fiktif pada tahun anggaran 2016.

Kasat Reskrim Polres Pangkep, Iptu Deni Eko Prasetyo, mengungkapkan, dari awal lidik ditingkatkan ke penyidikan dan setelah dilakukan gelar kasus. Kedua desa tersebut terindikasi menyalahgunakan ADD dan terdapat kerugian negara. “Kita sudah gelar kasus, dan ditingkatkan ke tingkat penyidikan dari lidik, dua desa ini sudah di indikasi menyalahgunakan ADD,”ungkapnya, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa 26 Juni.

Dari hasil ekspose ke pihak BPKP terkait indikasi itu, untuk Desa Sabaru, yang telah kita ekspose ke BPKP untuk anggaran tahun 2014-2015, diintruksikan pula untuk menyidik anggaran tahun 2016. “Untuk desa Sabaru ini, hasil penyidikan hampir semua item kerja diindikasi adanya penyalahgunaan, dan hasil ekspose BPKP untuk menyidik pula anggaran tahun 2016,”jelasnya.

Sedangkan, kata Deni, untuk Desa Mattiro Bone pada hasil penyidikan, penyidik menemukan adanya item pekerjaan fisik fiktif, dan telah keluar hasil audit BPKP terkait kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp205 juta. Bukan hanya itu, ditemukan pula adanya kecurangan dimana LPJ pada tahap pertama belum rampung, namun telah dicairkan anggaran tahap kedua. “Insya Allah, pertengahan Juli kita akan gelar di Polda dan segera menetapkan tersangka. Kepala Desa berpotensi akan jadi tersangka,”bebernya.

Diketahui, Kepala Desa Sabaru dijabat oleh Muhammad Usman, sedangkan Kepala Desa Mattiro Bone, dijabat oleh Plt Abdul Rahman, yang juga merupakan ASN staf Kecamatan Liukang Tupabbiring. (awi/mcpangkajene)

PANGKEP, Infopublik Diskominfo --  KPU Pangkep mulai distribusikan sejumlah logistik untuk Pilgub Sulsel.
 
Dua wilayah kepulauan terluar Pangkep mendapat prioritas pertama untuk distribusi logistik tersebut. Melalui pelabuhan Paotere Makassar, logistik berangkat menuju Kecamatan Liukang Kalmas dan Kecamatan Liukang Tangaya. Sementara untuk wilayah daratan Pangkep mulai didistribusikan, hari ini, Kamis (21/6/2018)
 
Ketua KPU Pangkep, Burhan menyampaikan, logistik yang disalurkan itu berupa formulir C6 dan surat suara yang ditujukan ke masing-masing TPS yang ada di dua kecamatan terluar Pangkep itu.
 
"Distribusi ini sengaja dilakukan pertama karena lokasinya yang jauh. Kedua wilayah itu sulit dijangkau dengan transportasi reguler," ucapnya. (nah/mcpangkajene)

PANGKEP, Infopublik Diskominfo – Bila ada putra daerah kabupaten Pangkep bercita-cita memperjuangkan percepatan pembangunan di legislatif pusat (DPR-RI), dia adalah Ir. H. Rizaldy Parumpa, M.Si.

***

Pengalaman dua periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Pangkep menjadi pemicu sekaligus pemacu bagi putra kelahiran Labakkang Kabupaten Pangkep tersebut, Ir. H. Rizaldy Parumpa bertekad untuk berjuang menuju “Senayan”, DPR – RI.

Dalam upaya mensosialisasikan tekad dan cita-citanya memperjuangkan nasib rakyat Kabupaten Pangkep di senayan, tak tanggung, Ir. H. Rizaldy Parumpa melanglangbuana dari satu perkampungan terpencil menuju perkampungan terpencil lainnya tak terkecuali berkunjung ke wilayah kepulauan terpencil Kecamatan Liukang Tupabiring, Tupabiring Utara, Tangaya serta Kecamatan Liukang Kalmas (Kalukalukuang Masa lima).

Dalam setiap kunjungannya, senantiasa disambut meriah oleh segenap elemen masyarakat, mulai dari masyarakat tani, nelayan, tokoh-tokoh pemuda, cendekiawan muslim, tokoh-tokoh masyarakat, pedagang kaki lima, pedagang pasar, pabentor serta ibu-ibu kelompok pengrajin rumah tangga.

Foto Mamal Waleer.

Ir. H. Rizaldy Parumpa yang sehari-hari dikenal sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pangkep dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), berkunjung ke perkampungan terpencil selain untuk menyerap dan mendengarkan keluhan serta aspirasi masyarakat, sekaligus mensosialisasikan tentang rencana menuju senayan (DPR-RI).

“Selama ini, memang betul ada perwakilan kita di DPR – RI berasal dari daerah lain, bukan Pangkep. Bukan berarti mereka tidak memperhatikan kepentingan masyarakat Pangkep, tetapi lebih afdal lagi bila putra daerah Kabupaten Pangkep sendiri yang berada di senayan,” ungkap H. Rizaldy Parumpa.

Oleh sebab itu, bila masyarakat Kabupaten Pangkep bersatu bahu-membahu mendukung kami menuju senayan, Insya Allah, putra daerah Kabupaten Pangkep bisa tonji. (Teropong/mcpangkajene)

PANGKEP, Infopublik Diskominfo - Proses pemilihan ketua Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Pangkep melalui musyawarah mufakat. Ada 2 calon kandidat yakni Adnan Muis RMS dan Muammar Muhayang.

Proses musyawarah mufakat resmi menetapkan Adnan Muis sebagai Ketua Umum IKA SMA Negeri 1 Pangkep periode 2018-2022 dan Muammar Muhayang ketua harian.

Adnan Muis RMS adalah alumni angkatan 1991 SMA Negeri 1 Pangkep. Nanang sapaan akrab Adnan adalah alumni jurusan Fakuktas Hukum Unhas dan bergabung di Direktorat Pajak RI. Adik mendiang budayawan asal Pangkep, Asdar Muis RMS ini kini menetap di Jakarta.

Sedangkan Muammar Muhayang adalah angkatan 1995 yang juga alumni Fakultas Teknik Unhas. Muammar adalah Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Makassar yang juga manager di pabrik terigu, PT Eastern Pearl Flour Mills Makassar.

Sofyan Razak, anggota DPRD Pangkep yang juga alumnus SMANSA Pangkep angkatan 1991 menyebut keduanya adalah pasangan serasi.
"Nanang dan Muammar itu waktu kecil tetanggaan di Jagong. Bersebelahan rumah. Sama-sama anak kepala sekolah. Nanang anak almarhum Abdul Muis (kepesek SMP 2 Pangkep), sedangkan Mumamar anaknya Pak Muhayyang (kepsek SMEA Pangkep)," ujar Fian.

Penetapan tersebut berlangsung dalam Musyawarah Besar (Mubes) yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Pangkep, Selasa (19/6/2018).

"Mubesnya berlangsung 2 hari yang dirangkaikan reuni nasional. Sempat dilakukan voting tertutup tapi dukungan untuk Adnan lebih banyak karena 18 angkatan, sedangkan Muammar itu hanya 8 angkatan," ujar salah satu alumni angkatan 89, Risaldi Parumpa.

Dia berharap jika keduanya semakin kompak maka kedepan IKA solid dan akan terus berkembang.

Awalnya diprediksi dilakukan voting tertutup, namun musyawarah ditempuh setelah melihat dukungan ke Adnan terus mengalir hingga 18 angkatan, sedangkan Muhmmar hanya mendapat dukungan awal 8 angkatan dari 36 suara angkatan.Menghindari terjadinya faksi-faksi di internal IKA SMANSA, terpaksa kedua calon dipertemukan dalam sebuah ruangan untuk dilakukan musyawarah.

“Kita tidak menginginkan organisasi paguyuban alumni ini terjadi pengkotak-kotakan, sehingga harus dicari solusi terbaik yakni musyawarah mufakat,” usul Saldy Parumpa, alumni 89 yang juga legislator PPP itu.

Adnan dan Muhammar rupanya menerima usulan itu, sehingga presidium yang dipimpin Ir Amir Amin menetapkan keduanya sebagai ketua umum dan ketua harian. (tribun/mcpangkajene)

Saturday, 16 June 2018 00:00

Seorang Ibu Ditelan Ular Piton

Kab Muna, Infopublik Diskominfo – Bermula dari informasi dari masyarakat bahwa ada seorang perempuan hilang pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2018. Perempuan tersebut bernama Wa Tiba (54 tahun) adalah warga Lrg. Gea Desa Persiapan Lawela Kec. Lohia Kab. Muna Sulawesi Tenggara. Korban tersebut  meninggalkan rumah hari Kamis tanggal 14 Juni 2018 sekitar pukul 19.00 wita menuju kebun untuk mengecek kebun,  namun hingga pagi belum kembali.

Sekitar pukul 06.00 wita anak korban dan warga pergi mencari Korban namun hanya menemukan senter, parang dan sandal milik korban dan di sekitar tempat ditemukannya  senter terdapat semak yang rusak sehingga warga memperkirakan kalau Korban tertelan ular.

Sekitar pukul 09.30 wita warga dan Anggota Kepolisian menemukan ular yang tidak bisa bergerak, kemudian ular tersebut ditarik ke kampung dan setelah ular tersebut dibelah, Korban ditemukan di dalam perut ular tersebut.

Berikutnya dilakukan evakuasi dan persiapan penguburan terhadap Korban.
(Andika/mcpangkajene)

 

Page 1 of 3

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  [email protected]

               [email protected]

 

 

 

Galery