All for Joomla All for Webmasters
Thursday, 24 May 2018 00:00

Domain dan Subdomain

 

 

Domain adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, Selain juga di pakai untuk mengingat nama server yang di kunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang di kenal sebagai alamat IP. Nama domain juga di kenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "http://www.pangkepkab.go.id/". Nama domain juga kadang-kadang di sebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Jadi, saat kita mengakses suatu situs atau website, maka kita harus mengetahui alamat IP server tempat web tersebut di simpan. Alamat IP itu berupa deretan beberapa angka yang berfungsi untuk mengakses suatu website. Contoh alamat IP itu seperti 103.30.423.76, dan seandainya kita mengakses nomor-nomor tersebut pada addres bar di penjelajah web, maka kita bisa langsung menuju website pemilik alamat IP tersebut. Singkatnya jika sebuah website di ibaratkan rumah, maka alamat IP ini adalah jalan menuju rumah itu.

Lalu apa hubungannya alamat IP dengan domain? Seperti di ketahui bahwa alamat IP yang di gunakan sebagai alamat suatu website itu berupa deretan angka, yang bagi kebanyakan orang tentunya sangat sulit untuk mengingatnya. Jadi, untuk lebih mempermudah mengingat alamat suatu website itulah lalu di ciptakan domain sebagai pengganti alamat IP-nya.

Contoh lain, nama domain seperti "facebook.com" lebih mudah di ingat ketimbang alamat IP seperti 103.30.423.76. Kesimpulannya alamat IP dan domain itu memiliki fungsi yang sama, hanya saja berbeda bentuknya. Dan biasanya nama domain pada suatu website memiliki nama yang unik, singkat, atau nama yang sesuai dengan pokok pembahasan website tersebut.

"Jadi, bisa di katakan bahwa domain adalah nama unik pengganti alamat IP yang bertujuan untuk mempermudah mengingat alamat suatu website".

Perlu di ketahui bahwa setiap negara memiliki domainnya masing-masing atau domain kode negara. Seperti Indonesia memiliki domain .id, Amerika Serikat dengan domain .us, Malaysia .my, Australia .au, dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun Kode Domain dan Penjelasannya :

.go.id    = Organisasi kepemerintahan indonesia 

.co.id    = Perusahaan atau lembaga komersial indonesia 

.or.id     = Organisasi nirlaba indonesia

 web.id = Untuk badan informal atau pribadi warga indonesia

.net.id   = Untuk organisasi / umum atau situs internet indonesia

.sch.id  = Untuk lembaga sekolah indonesia

.ac.id    = Lembaga akademik indonesia (universitas)

 com     = Commercial.

Apa bedanya domain dengan Subdomain?

Yang namanya subdomain tidak lepas dari domain. Itu karena subdomain merupakan bagian dari domain, biasanya subdomain di gunakan sebagai pembagian area dari sebuah situs atau website. Contohnya website Pemda Pangkep menggunakan Domain www.pangkepkab.go.id,dan untuk subdomainnya adalah www.diskominfo.pangkepkab.go.id  dan  www.perikanan.pangkepkab.go.id

Dari contoh di atas juga menyimpulkan bahwa "subdomain adalah bagian dari induk domain, dan berada di depan domain di pisahkan oleh titik"

 

Read 210 times
More in this category: List Subdomain OPD »
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  diskominfo@pangkepkab.go.id

               diskominfopangkep@gmail.com

 

 

 

Galery