Admin

Admin

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PANGKEP – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL), panen padi hasil teknologi yang berbasis Climate Smart Agriculture (CSA) di Area persawahan Kelurahan Mangallekana, Kecamatan Labakkang, kamis (4/8/2022).

MYL mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pangkep dalam hal ini sangat mengapresiasi kegiatan ini, kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep dengan Badan Pengembangan Penyuluhan dan Sumber daya manusia (BPSDM) Kementerian Pertanian tentang Program SIMURP (Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project).

Program SIMURP (Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project) merupakan salah satu program dari sekian banyak program yang ada di Kementerian Pertanian, dimana dalam program tersebut terdapat teknologi budidaya padi yang berbasis Climate Smart Agriculture (CSA).

Komponen teknologi didalamnya meliputi Bibit Unggul potensi hasil tinggi, pupuk hayati atau pupuk organik, pemupukan berimbang, dan pengendalian Hama dan Penyakit dengan pestisida nabati.

Pengembangan Inovasi Teknologi CSA ini guna mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim (DPI) dan berkurangnya lahan pertanian dikarenakan pembangunan perumahan dan industri, sementara permintaan beras terus meningkat dari tahun ke tahun karena bertambahnya penduduk sehingga mampu menunjang swasembada pangan.

“Melalui teknologi ini, produktivitas padi dapat ditingkatkan lebih dari 20 persen. Implementasi pengembangan model ini dilakukan dalam bentuk Demonstrasi Plot (Demplot) seperti yang dilakukan pada lokasi ini, dengan tujuan untuk mengembangkan inovasi yang diterapkan, juga sebagai wahana diseminasi kepada petani,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Produktivitas gabah kering panen dilokasi ini meningkat dari yang sebelumnya.

“Berdasarkan hasil panen ubinan yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian selaku tenaga pendamping di lapangan, maka diperoleh Produktivitas Gabah Kering Panen (GKP) di lokasi ini rata-rata 7,2 ton per Ha, Sedangkan sebelumnya atau yang pertanaman biasa hanya 5,5 ton per Ha, maka terjadi peningkatan produksi gabah kurang lebih 1,7 ton per Ha. Bila inovasi teknologi CSA ini dikembangkan di 10.000 Ha dari total lahan sawah 16.732 Ha yang dimiliki Kabupaten Pangkep, maka dapat menyumbang kenaikan produksi 20.000 ton Gabah Kering Panen (GKP) per musim, jika 2 (dua) kali musim tanam maka terjadi peningkatan produksi kurang lebih 40.000 ton per tahun gabah kering panen. Apabila diasumsikan harga gabah Rp. 4.000/Kg, maka terjadi peningkatan pendapatan masyarakat kita, khususnya para petani sebesar Rp. 160 Miliar per tahun, suatu pendapatan yang cukup besar bagi peningkatan kesejahteraan para petani, dimana 90 persen penduduk kabupaten Pangkep adalah petani,” katanya. (Mcpangkajene)

PANGKEP – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL), bagikan sejumlah bantuan di Desa Taraweang, Kecamatan Labakkang, kamis (4/8/2022).

Kepala Desa Taraweang, Amiruddin menyampaikan, Bupati MYL menyerahkan bantuan mobil operasional desa dari Pemkab Pangkep.

Lanjutnya, Bupati juga memberikan batuan bak air sebanyak 75 unit. Pemberian susu dari TP PKK untuk ibu hamil dan balita serta insentif diberikan kepada Ketua dan anggota BPD, kepala dusun, ketua RK, ketua RT, kader Posyandu, guru mengaji dan imam masjid.

Selain pemberian bantuan kata Amir, Pemdes Taraweang juga melaksanakan program kegiatan fisik.

“Insyaallah, dengan semua program dan kegiatan yang kita laksanakan ini masyarakat desa Taraweang bisa sejahtera,” katanya.

MYL menyampaikan, dengan program dan bantuan yang diberikan, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Begitupun dengan mobil operasional desa, bisa dipergunakan untuk kebutuhan masyarakat.

Dalam penyerahan bantuan, Bupati MYL didampingi ketua TP PKK kabupaten Pangkep, Nurlita Wulan Purnama. (Mcpangkajene)

PANGKEP – Gerakan Pramuka Kwaritir cabang (Kwarcab) Pangkep mengutus 18 orang peserta yang akan mengikuti jambore nasional XI.

Jambore nasional XI akan berlangsung di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta 14-21 Agustus 2022.

Ketua Kwarcab Pangkep, Syahban Sammana menjelaskan, 18 orang peserta utusan Pangkep itu terdiri dari delapan orang putra, delapan orang putri dan dua orang pendamping.

Pemkab Pangkep bersama Kwartir cabang Pangkep melepas peserta Jambore nasional XI. Pelepasan peserta jambore dilaksanakan di halaman kantor bupati Pangkep, Rabu (3/8/22).

“Alhamdulillah, kita laksanakan pelepasan peserta jambore tingkat nasional dari Pangkep. Pesertanya, 18 orang,”kata Syahban.

Lanjut wakil bupati Pangkep itu, bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau menitip pesan agar mereka menjaga nama daerah dan juga menjaga kesehatan.

“Disana akan bertemu utusan banyak daerah, budayanya juga berbeda. Itu yang harus kita jaga dan saling hormat,”tambahnya.

Sebelum berangkat jambore nasional utusan Pangkep, 18 orang peserta itu telah melalui sejumlah seleksi.

Selama di Cibubur, mereka akan mengikuti berbagai kegiatan dan lomba. (Mcpangkajene)

PANGKEP – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesi (PGRI) Kabupaten Pangkep Muslimin buka secara resmi Gebyar Olahraga dan Seni PGRI di Balocci, Rabu (3/8/2022).

Gebyar olahraga dan seni yang diselenggarakan PGRI Kecamatan Balocci berlangsung semarak. Diikuti sejumlah pengurus dan anggota PGRI Kecamatan Balocci.

Gebyar Prestasi bidang olahraga & seni yang diselenggarakan PGRI Kecamatan sangat luar biasa, selain menampilkan kesenian juga melibatkan olahragawan-olahragawati serta seniman dan seniwati, yang mayoritas adalah pendidik (guru).

Tentu saja ini merupakan tingkat kesolidan dan kerjasama yang apik, cantik serta ciamik antara semua jajaran kepengurusan PGRI Kecamatan Balocci, ungkap Ketua PGRI Pangkep, Muslimin.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep, Muslimin menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pengurus PGRI Kecamatan Balocci atas inisiatifnya menyelenggarakan Gebyar Olahraga dan Seni. Ini membuktikab bahwa PGRI Balocci benar-benar eksis dan kepengurusannya solid.

“Kami berharap semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan yang telah tumbuh hendaknya dipelihara dan dikembangkan di masa mendatang,” imbuh Ketua PGRI Pangkep.

Pada pelaksanaan Gebyar Olahraga dan Seni PGRI Balocci, selain mempertandingkan cabang olahraga Volly juga dilaksanakan lomba seni. (Mcpangkajene)

PANGKEP – Bupati Kabupaten Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL), apresiasi Dakwah Bahari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar lewat Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kecamatan Liukang Tupabiring Utara.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan kampus UIN dengan programn Dakwah Bahari di pulau Salemo ini,” ujar MYL saat membuka kegiatan tersebut, rabu (3/8/2022).

MYL menambahkan, Pulau Salemo memiliki sejarah/histori yang kuat tentang keagamaan, yang merupakan tempat belajar para ulama yang ada di Sulawesi Selatan.

“Kita memang telah melakukan kerjasama dengan kampus UIN tentang Wisata Religi yang akan pemerintah Pangkep bangun di Pulau Salemo ini,” katanya.

Selain menghadiri kegiatan Dakwah Bahari tersebut, MYL juga memantau pengerjaan rumah Tahfidz yang saat ini sementara dalam pengerjaan, MYL juga sempat berkeliling melihat makam para ulama dan juga sebuah peninggalan sumur tua yang konon dulu dipakai para ulama.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Pangkep didampingi Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar Dr Firdaus Muhammad. (Mcpangkajene)r

PANGKEP – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bersama Prof Yushinta Fujaya berkunjung ke Pulau Salemo Desa Mattiro Bombang, melihat usaha pengupasan kepiting rajungan.

Pada kunjungan tersebut, MYL menuturkan sejak sekarang kita harus memikirkan keberlanjutan kepiting rajungan ini, agar terus bertahan sebagai sumber ekonomi di masyarakat.

“Saya berharap, masyarakat mendapatkan ilmu atau pelajaran bagaimana mempertahankan keberlanjutan kepiting rajungan ini, misalnya kita tidak boleh memanen kepiting yang belum siap, atau masih kecil,” katanya, rabu, (3/8/2022).

Selain itu, MYL juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan dan tidak merusak biota laut.

“Kalau lingkungan kita baik, tentu saja sumber-sumber ekonomi juga akan baik, misalnya menjaga lingkungan dari sampah, begitu juga tidak merusak biota laut dengan aktivitas ilegal fhising,” imbuhnya.

Prof Yushinta Fujuya sangat mengapresiasi Bupati Pangkep, MYL, atas kemauannya memberikan perhatian dan memikirkan keberlanjutan tentang kepiting rajungan yang ada di Pulau Salemo.

“Kepiting rajungan ini salah satu sumber ekonomi masyarakat di sini, jadi memang harus diperhatikan, dijaga untuk keberlanjutan sumber ekonomi, generasi nantinya,” ungkapnya. (Mcpangkajene)

Page 1 of 21

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  [email protected]

 

 

 

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…