All for Joomla All for Webmasters
Potensi Pulau Kalmas dari Telur Ikan Terbang

PANGKEP, Diskominfo - Kepala Wilayah Kecamatan Kepulauan Liukang Kalukuan Massalima (Kalmas) Masnawi, S.Sos Mengatakan Bahwa telur ikan terbang jadi primadona warga Kalmas. Jum'at (23/7/2021)

Dia menjelaskan bahwa memasuki April sampai Agustus, maka bulan itu masyarakat panen telur ikan terbang bahkan hingga ratusan kg bisa panen.

“Bayangkan saja kalau Rp 600 ribu harganya perkilogram, warga biasanya dapat sampai 20 kg/ hari didapatkan Bisa dia dapatkan hingga Rp 12 Juta satu kali  bahkan itu sudah minim sekali didapat, terkadang mereka mendapat sampai 100 kg ujarnya.

Saat ditanya cara mendapatkan telur ikan terbang, Camat Kalmas mengungkapkan bahwa rata-rata masyarakat pakai daun kelapa yang sudah dibenahi, kemudian pakai tali, dan bambu dan saat itulah ikan indonsiar itu berdatangan untuk bertelur.

Menurutnya bahwa wilayah mencari telur ikan terbang itu berada di perbatasan antara kalimantan Selatan, dengan Jawa Timur, dengan Kalmas, namun saran ikan terbang itu berada diwilayah Kepulauan Kalmas, dan disitu pusatnya ikan terbang, kalau sudah keluar dari wilayah itu, tidak ada lagi.

Kembali Wartawan bertanya atas kendala yang dialami warga pencari ikan terbang, Camat Kalmas ini menjelaskan bahwa masyarakat disana ada punggawa, maksudnya ada pemodalnya, terkadang para nelayan pinjam uang untuk biaya hidup keluarganya dan biaya oprasional cari ikan terbang.

Sehingga ketika sudah pulang, secara pasti ikan yang didapatkan itu, diberikan kepada Punggawa, dan rata-rata pemodal itu bukan orang Pangkep tapi orang luar daerah sana, sehingga kita di Pangkep tidak menikmati hasil potensi tersebut.

Untuk itu, kami sedang berupaya agar masyarakat kami disana bisa ada yang mendanai, termasuk Bumdes, tapi sayang modal Bumdes juga minim, taksir hanya sekitar 100 juta modalnya, padahal warga biasa butuh satu orang sampai 30 juta, jadi kalau 50 orang bisa siapkan 1,5 milyar. (Mcpangkajene)

Read 71 times
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  diskominfo@pangkepkab.go.id

               diskominfopangkep@gmail.com

 

 

 

Galery