PT Semen Tonasa Pasang PLTS 10 kWp di Pabrik Tonasa 5

Pangkep – PT Semen Tonasa di penghujung tahun 2021 kembali mengukir sejarah sebagai perusahaan persemenan terbesar di Indonesia Timur dan berhasil menyelesaikan proyek instalasi PLTS 10 kWp di are Pabrik Tonasa 5 sebagai energi baru, Minggu (2/1/2022).

Proyek tersebut dilakukan untuk mendukung program sustainability yang dicanangkan PT Semen Indonesia (Persero) terbaik sebagai holding, terkait penggunaan energi baru dan terbarukan melalui solar panel atau PLTS dalam proses produksi semen di seluruh anak perusahaannya.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti mengungkapkan, fasilitas solar panel atau PLTS ini akan menjadi business critical asset untuk pajak carbon serta peran aktif perusahaan dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca

Sementara itu Bambang Haryanto Direktur Produksi PT Semen Tonasa menyebutkan bahwa proyek tersebut mulai dari Oktober 2021 dan berlangsung selama tiga bulan.

“Proyek ini dilaksanakan selama tiga bulan, mulai Oktober hingga Desember 2021, survey awal area instalasi di Unit Packer 5 dilaksanakan pada Oktober 2021, proses Pengadaan dilaksanakan pada Oktober-November 2021, dan pengerjaan instalasi dilakukan pada pekan kedua Desember 2021 serta mulai beroperasi pada pekan ketiga Desember 2021,” paparnya.

Di tempat terpisah, GM Komunikasi dan Hukum PT. Semen Tonasa Said Chalik menyatakan, bahwa instalasi PLTS ini merupakan bentuk komitmen PT Semen Tonasa sebagai bagian dari SIG., terhadap lingkungan melalui berbagai inovasi dalam teknologi produksinya.

“Di PT Semen Tonasa melakukan pembangunan PLTS kapasitas 10 kWp ini diinstal di area Packer Tonasa 5 dengan Skema On Grid dan terintegrasi ke jaringan Listrik Low Voltage 380 VAC Unit Packer Tonasa 5,” terangnya. (Mcpangkajene)

Read 215 times
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  [email protected]

 

 

 

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…