Dinas Kominfo SP Pangkep Berperan Wujudkan ‘Srikandi’ Terhubung ke OPD

Pangkep – Dinas perpustakaan dan kearsipan (DPK) Pangkep meluncurkan aplikasi Srikandi.

Srikandi merupakan akronim dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi.

Aplikasi Srikandi merupakan salah satu aplikasi umum telah ditetapkan oleh Kemenkominfo RI yang telah dikembangkan oleh Arsip Nasional RI untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi.

Kabid penyelenggara kearsipan DPK Pangkep, Safri Ambo menjelaskan, aplikasi Srikandi bertujuan untuk memudahkan penataan pengarsipan dokumen sesuai dengan nomor dan kolom.

“Jadi istilahnya, tidak salah kamar itu surat. Pas nanti dicari, gampang ditemukan itu dokumen,” terang Safri Ambo saat sosialisasi perangkat daerah pengguna arsip dinamis di Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Jumat (29/7/2022).

Kedepan lanjutnya, semua surat akan berbentuk elektronik. Sehingga, aplikasi Srikandi ini diharapkan berjalan cepat dan maksimal.

Guna memastikan Srikandi berjalan maksimal. DPK memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) untuk memberikan pemahaman kepada pengelola arsip setiap OPD.

“Nantinya semua surat sudah elektronik. Makanya, kita bimtek hari ini. Aplikasi Srikandi akan terhubung dengan HP melalui pesan singkat WA dan email. Jadi jika ada surat masuk, ada pemberitahuannya. Itu kelebihan Srikandi,” tambahnya.

Menjalankan aplikasi Srikandi, DPK bekerjasama dengan dinas Komunikasi informatika, statistik dan persandian (Diskominfo SP).

Kepala Diskominfo SP Pangkep, Syamsurya Syam mengatakan, Kominfo SP berperan dalam mewujudkan Srikandi agar terhubungu ke semua OPD.

“Leadingnya ada pada DPK, peran Kominfo mengkoordinasikan dengan OPD supaya bisa terlibat dengan aplikasi ini,” katanya.

“Aplikasi ini membutuhkan jaringan dan ilmu yang harus dimiliki OPD. Peran Kominfo menjembatani bekerjasama dengan DPK dalam membentuk forum konsultasi bagi OPD yang membutuhkan petunjuk,” tambah Syamsurya.

Sebelumnya, Sosialisasi dan Bimtek dibuka langsung oleh bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau. (Mcpangkajene)

Read 18 times Last modified on Friday, 05 August 2022 01:17
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  [email protected]

 

 

 

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…