All for Joomla All for Webmasters
Pemda Kucurkan Rp500 Juta untuk Korban Puting Beliung Kalmas

PANGKEP, Diskominfo -- Pemerintah Kabupaten Pangkep menyiapkan anggaran sekira Rp500 juta untuk penyaluran bantuan korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Liukang Kalmas pada Desember 2019 lalu. Bantuan ini pun berasal dari APBD, yakni dana darurat di Dinas Pengelola Keuangan Daerah.

Nilai Rp500 juta ini snediri akan dibagikan kepada 166 korban yang rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Rencananya bantuan ini akan disalurkan pada Maret mendatang.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep, Kallang Ambo Dalle mengatakan bahwa nominal tersebut merupakan hasil dari perhitungan taksiran tim yang diturunkan Bupati Pangkep pada awal tahun lalu untuk menghitung kerugian dari musibah tersebut.

"Saat tim turun, ternyata total rumah yang rusak bertambah dari sebelumnya 134 rumah menjadi 166 rumah," katanya, Kamis, 13 Februari 2020.

Namun untuk pencairan bantuan tersebut, dia sendiri masih bingung apakah memberikan bantuan berupa uang tunai ataukah barang. Sebab, sejauh ini para korban sudah memperbaiki rumahnya masing-masing.

"Jadi rencananya ini, saya mau koordinasi dulu dengan pihak Kejaksaan, apakah bisa memberikan bantuan berupa uang tunai ataukah ada solusi lainnya," jelas Kallang.

Untuk memperkuat data taksiran tim, dia pun saat ini sedang melengkapi data pendukung berupa kondisi bangunan sebelum diperbaiki, yakni foto, surat-surat kepemilikan dan surat dari pemerintah setempat. "Semuanya sudah hampir rampung. Kita akan bawa ke kejaksaan dan konsultasi agar bisa memberikan bantuan segera," kata dia. (Mcpangkajene)

Read 88 times
Login to post comments

Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin

               (Kantor Bupati Pangkep) Pangkajene

Telp     :  (0410) 21004

Email   :  diskominfo@pangkepkab.go.id

               diskominfopangkep@gmail.com

 

 

 

Galery